CakePHP, Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar...

Tidak terasa sudah lebih dari 1 tahun saya mempelajari bahasa pemprograman PHP. Dimulai dari setahun yang lalu, dimulai dengan melihat orang lain, membaca-baca ebook, Tanya-tanya ke orang, cari-cari info di internet, dan banyak cara lainnya. Sampai saat ini masih banyak yang harus dipelajari tentang bahasa pemprograman PHP, tetapi saat ini saya ingin mengambil sebuah langkah untuk maju ke depan yang mungkin bagi sebagian orang masih menjadi sebuah pertentangan dalam diri mereka.

Beberapa bulan ini saya sibuk mencoba-coba sebuah framework PHP yaitu CakePHP. CakePHP itu sendiri sudah saya kenal lama sekali sebelum saya bisa PHP sekalipun, dikarenakan senior-senior saya di fave sudah lihai dan piawai sekali menggunakannya, namun karena saya saat itu termasuk junior yang “cacat” maka saya baru sempat untuk mulai serius mempelajari dan mendalaminya sekarang.

Ada beberapa pertimbangan yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk mempelajari framework. Alasan utamanya adalah kemudahan yang ditawarkan oleh framework itu sendiri. Dengan menggunakan framework itu saya tidak perlu bersusah payah lagi membuat logika CRUD ( Create, Read,Update,Delete ), paging, data validation, dan relasi-relasi database. Mungkin jika menggunakan cara klasik dengan mengandalkan logika dan kemampuan coding saya, hal tersebut akan memakan waktu berjam-jam. Tetapi dengan mengandalkan framework, hal tersebut dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Namun dibalik kemudahan-kemudahan yang diberikan sebenarnya ada beberapa hal efek buruk yang dapat ditimbulkan nantinya ketika saya memutuskan untuk menggunakan framework, hal itu antara lain :

  1. Aplikasi yang nanti dijalankan akan lebih berat.

  2. Kemampuan logika akan semakin tidak terasah karena sudah terbiasa tinggal pakai.

  3. dan lain sebagainya…

Tapi memang untuk mendapatkan kemudahan tersebut harus ada harga yang harus dibayar. Jadi alangkah baiknya selain menggunakan framework kita juga ahli untuk coding sendiri ( tidak tergantung sama framework ). Tapi kalau zaman sekarang tidak bisa menggunakan framework bakal sulit bersaing dengan yang lainnya ( menggunakan framework itu sendiri sebuah unique point ).  Zaman sudah berubah bung… cara coding pun harus berubah…

Comments