Hal Yang Paling Menyenangkan Dalam Membuat Sebuah Aplikasi

Satu hal yang paling menyenangkan dalam membuat sebuah aplikasi adalah melihat aplikasi yang kita buat digunakan dan ternyata sangat berguna bagi orang banyak. Ketika orang yang menggunakan aplikasi kita mengatakan bagaimana begitu terbantunya mereka dengan aplikasi yang telah kita buat, begitu senangnya mereka menggunakan layanan yang kita berikan, begitu sukanya mereka dengan design website yang kita buat, itu adalah hal-hal yang rasanya tidak ternilaikan. Hal tersebut lebih menyenangkan daripada melihat uang hasil dari pengerjaan website masuk ke rekening kita.

Gwa teringat perkataan seseorang tentang kenapa dia begitu suka akan design dan akan terus belajar design. Pada saat itu dia berkata bahwa yang dia suka dari design adalah saat ketika semua orang mengatakan bahwa designnya bagus dan mengagumi kemampuan yang dia miliki. Saat itu juga gwa merasakan heran sekali dan berpikir “Bisa ya orang suka sesuatu hanya karena dia suka dipuji, gila hormat bener” pikir gwa saat itu.

Tapi sekarang gwa tidak menyalahkan pendapat dia sepenuhnya, tetapi juga tidak membenarkan pendapat dia sepenuhnya. Sekarang gwa suka membuat website dan gwa menikmati saat-saat membuat website, tetapi terkadang gwa merasa sangat jenuh dengan pekerjaan gwa itu. Gwa merasa kemampuan gwa kurang, tempat belajar gwa tidak mendukung, dan waktu yang tersisa semakin sedikit. Tapi di sela-sela kejenuhan itu, melihat orang berkomentar tentang bagaimana senangnya mereka menggunakan aplikasi yang telah kita buat, secara tidak langsung seakan-akan kejenuhan itu hilang dan semangat itu muncul lagi.

Mungkin yang dimaksud akan passion dalam pekerjaan itu sebenarnya bukanlah disaat kita melakukan suatu pekerjaan, tetapi lebih ke impact yang timbulkan dari pekerjaan yang kita lakukan. Yah at least for now I find my way again :) thx everyone for your comments

Comments