Lithium Atau Li3 : PHP 5.3++ Framework

Setelah 3 hari dicekcoki dengan lagu Boyce Avenue yang diputar berulang-ulang di foobar akhirnya gwa jadi ada semangat buat update blog. Sebenarnya pengen nulis tentang Ruby on Rails dan e-TextEditor tapi keknya lebih pengen tulis tentang Lithium dulu deh.

Jadi apakah Lithium itu ? merk baterai ? merk baju ? merk mobil ? merk parfum ? atau merk deterjen ? jelas saja bukan. Lithium yang saya gwa maksud disini adalah salah satu framework PHP yang tersohor sekali seantero jagad raya, sampe presiden SBY aja kalo pidato dicoding dolo pake neh framework. Itu versi lebainya, sebenarnya Lithium atau Li3 ini adalah sebuah framework besutan bekas pentolan ex project manager dan lead developernya CakePHP.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Garrett J. Woodworth ( gwoo ) dan Nate Abele ( nate ) memutuskan untuk hengkang dari CakePHP kira-kira 2-3 bulan lalu. Banyak desas-desus mengatakan kalau mereka terlibat konflik dengan foundernya CakePHP ( PhpNut ) dimana founder CakePHP ini tidak setuju dengan ide mereka tentang Cake 3.0.

Karena itulah akhirnya mereka minta cerai dan membuat framework sendiri yang basisnya dari Cake 3.0 dan diberi nama Lithium. Mungkin yang menjadi pertanyaan yang muncul di benak kita adalah apakah kehebatan framework baru ini ? kenapa kita harus belajar pake framework ini ? haruskah kita meninggalkan framework lama demi Li3 ? apa yang harus kita katakan kepada anak istri kita ? apakah orang tuaku akan setuju dengan keputusan ini ? aku ini anak siapa ? pacarku lagi dimana ? dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya…

Beberapa fitur yang sempet gwa baca-baca dan sepertinya menarik adalah :

  • Li3 menggunakan namespace yang sebenarnya sampai sekarang gwa belum mengerti banyak sih. Tetapi setau gwa namespace adalah fitur baru dari PHP 5.3 yang katanya dapat mempercepat performa dari framework ini.

  • Li3 hanya untuk PHP 5.3++, berbeda dengan CakePHP yang mendukung PHP 4 & 5. Hal inilah yang katanya salah satu pemicu kenapa founder CakePHP tidak menyetujui Cake 3.0

  • Code Covention dimana disebutkan bahwa Lithium adalah framework pertama yang menggunakan Code Convention sehingga nanti kita dapat menggabungkan Lithium dengan framework seperti Symfony, dan Zend Framework

  • Lithium dibangun untuk menjadi framework yang RAD ( rapid application development ) dan Light Weight ( ringan )

Itulah beberapa fitur yang sempat gwa baca dan tentang Lithium. Untuk sekarang developmentnya baru menginjak versi 0.3, masih terlalu dini untuk membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan framework ini tapi melihat dari visi yang ingin dicapai dan pengalaman dari developernya membuat framework ini salah satu framework yang menjanjikan nantinya.

Bayangkan jika nanti kita bekerja sama dengan orang yang menggunakan framework Symfony, karena adanya Code Convention kita dapat dengan mudah menggabungkan library-library dari framework yang berbeda. Berapa banyak waktu yang bisa kita hemat dan tentu saja seberapa bahagianya istri atau pacar kita nanti melihat kerjaan kita cepat kelar, apalagi anak di rumah semakin senang karena ayahnya punya waktu lebih banyak buat main sama dia.

Tapi untuk sekarang gwa sih lebih pengen belajar Ruby on Rails dulu, tar kalo Lithium dah stable baru jajal ini framework. :D

Comments