Git Free Revision Control

Sambil nungguin compile e-texteditor yang entah kelar kapan gwa mo cerita-cerita dikit tentang mainan baru gwa, yaitu Git. Mengutip sedikit tentang Git dari wikipedia :

Git is a free distributed revision control, or software source code management project with an emphasis on being fast. Git was initially designed and developed by Linus Torvalds for Linux kernel development.

Yah jadi intinya Git adalah sebuah revision control yang biasa digunakan project-project open source untuk mendeteksi perubahan-perubahan yang dilakukan pada project mereka. Entah itu berupa perubahan codingan, hapus file, nambah file,dkk. Jadi jika kita bekerja dalam Team dan akan sangat membantu sekali menggunakan Git ini karena dapat mendeteksi apa aja perubahan-perubahan yang dilakukan programmer-programmer.

Sudah banyak project open source yang mengadaptasi Git ini, beberapanya adalah CakePHP dan Lithium. Jadi jika anda berniat untuk ikut memberikan kontribusi terhadap project open source disarankan untuk mempelajari Git ini.

Jadi apa yang membedakan Git dengan revision control yang lain seperti SVN, atau CVS ? jawabannya gwa juga ga tau pasti karena Git adalah revision control yang pertama kali gwa pelajari. Tapi dari yang gwa baca-baca satu perbedaan besarnya adalah dengan menggunakan Git kita dapat melakukan commit secara locally tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Apakah itu commit ? itu semacam istilah yang menandakan anda telah selesai melakukan perubahan dan menyimpan perubahan-perubahan. Yah masih banyak istilah-istilah Git yang bakal anda pelajari

Selain itu hal yang gwa suka dari menggunakan Git adalah website Github. Github adalah sebuah aplikasi website yang dibangun menggunakan Ruby on Rails dan berfungsi sebagai repository dari Git, jadi dengan mendaftarkan diri ke Github kita dapat melakukan upload ke server Github dengan menggunakan perintah “git push”. Hal tersebut tentu saja membantu kita yang ingin bekerja secara sistematis, terkontrol dan tanpa harus menyiapkan server repository, aplikasi website buat memantaunya karena Github sudah menyediakan tracking yang dapat melihat hasil commit dari masing-masing invididu dalam team.

Yup kira-kira itu saja lah perkenalan Git yang baru gwa gunakan kurang lebih baru 2 minggu, mungkin nanti kalau gwa udah jago pake Git gwa bakal posting tutorialnya disini ( hore akhirnya bulan februari tulis blog ). Until next time….

Comments