Eclipse Democamps 2010

Kemarin tanggal 10 Juli 2010 gwa baru saja ikut Eclipse Democamps 2010. Yah sebenarnya gwa ga tau ini termasuk seminar, meet up atau promosi eclipse tapi berhubung gwa adalah pengguna Eclipse semenjak beberapa bulan lalu maka gwa iseng-iseng datang ke acara ini.

Perjalanan dimulai dari kosan gwa dengan ditemani sang kekasih yaitu adinda Riani yang imut dan bulat seperti bola ping pong ( nyungsep dolo sebelum kena granat ). Sebenarnya kami rada telat berangkatnya ( kira-kira jam 9:30 ) sementara acaranya jam 10:00 dan ditambah lagi gwa dan riani ga tau jalan sekali kesana.

Dibekali dengan insting hewani maka kami nekat berangkat dan ternyata berakhir dengan muter-muter di sudirman. Sebenarnya gwa tau persis itu posisi gedung stock exchange ( setelah dikasih tau riani ) tapi emang jalan sudirman kalau mau muter balik rada ribet jadi berakhir lah kami jalan-jalan hampir setengah jalan sudirman. ( bagi yang sudah lama malang melintang di jalan sudirman pasti sudah tau la )

Setelah sampai tempat parkir motor adinda Riani sempat merasa kesal gara-gara kami rada telat sampenya ( kira-kira jam 10:18 ) dan sepertinya kami salah markir motor. Tapi ternyata setelah kami tanya ke satpam yang bertugas ternyata kami tidak salah parkir motor dan gedung stock exchangenya berada di sebelah tempat kami parkir motor ( dan riani yang tadi kesel seperti mesin diesel berubah menjadi senang seperti mesin benang ).

Gambar Riani Cemberut

Cukup cerita tentang masalah dalam negeri, kita lanjut dengan cerita tentang acaranya. Ketika kami datang ternyata acaranya belum dimulai dan yang datang kok lebih sedikit dari yang diperkirakan ( kira-kira ada 30 orang saja ). Saat itu ada seorang bapak dari microsoft tengah berbincang-bincang dengan para peserta ( maaf ya pak saya lupa nama bapak ) —> setelah dikasih tau ternyata nama bapaknya Risman Adnan.

Dari perbincangan singkat bapak itu, gwa dapat menarik kesimpulan bahwa ternyata sang bapak kerja di microsoft ( ya iyalah ) dan dalam perbincangan singkat, bapak tersebut meng-encourage para peserta agar bisa buka bisnis sendiri serta tidak mempunyai mental karyawan. ( si bapak banyak menceritakan keluh kesahnya jika umur sudah tua, punya anak dan “gampang”nya buka bisnis )

Selesai dengan seminar motivasinya ( arigatou bapak microsoft ) kemudian dilanjutkan dengan acara intinya. Acara pertama dimulai dengan presentasi cara mengintegrasikan Eclipse Helios dengan Team Foundation Server ( version control punya microsoft ) yang dibawakan oleh pak Ronald Rajagukguk. Namun dikarenakan gwa sudah jatuh cinta dengan Git maka gwa ga gitu tertarik untuk mencobanya, tapi lumayan buat tambah ilmunya ( terima kasih pak Ronald Rajagukguk dari microsoft atas ilmunya).

Selesai makan siang baru dilanjutkan lagi dengan presentasi tentang Eclipse Helios yang dibawakan oleh pak Frans Thamura dari Meruvian Foundation. Presentasi yang dibawakan oleh pak Frans termasuk singkat dan lebih banyak “belajar sendirinya”. Dan dari presentasi “belajar sendiri” ala pak Frans maka yang bisa gwa simpulkan adalah :

Eclipse Helios ga berbeda jauh dengan Galileo tapi ada tambahan fitur market placenya ( udah kek main age of empire aja pake market ) dan fitur-fitur lainnya yang tidak sempat dijelaskan.

Setelah presentasi “belajar sendiri”, acara dilanjutkan dengan presentasi tentang Android dengan menggunakan Eclipse dan ditutup dengan presentasi tentang BlueOxygen yang ‘kayaknya’ merupakan sebuah IDE yang memungkinkan kita membuat design UI Java seperti di VB ( wah cocok buat gwa yang baru mo pegang Java).

Overall menurut gwa acaranya cukup asik karena tempatnya enak ( microsoft gitu loh ), dapat makan ( padahal gwa ampir desperate mo cari makan dimana ), dapat ceramah tentang pandangan orang-orang yang lebih berpengalaman di dunia IT terutama bertemu dengan pak Frans Thamura.

Secara pribadi gwa belum pernah ikut seminar, meet up atau acara-acara open source lainnya. Salah satu acara open source yang selama ini ingin gwa ikutin adalah CakeFest ( semacam seminar tentang CakePHP Framework). Tapi apa daya, uang ga punya, acaranya jauh di chicago jadi terpaksa mencari-cari konferensi PHP yang dekat.

Cake Festival

Tetapi sejauh mata memandang gwa belum pernah menemukan konferensi PHP atau meet up PHP di Jakarta khususnya yang membahas tentang advance teknologi PHP ( yah kalau basic PHP, Joomla, Drupal, Wordpress mungkin banyak ya ). Gwa sih pengennya ngumpul-ngumpul dan omongin tentang teknologi PHP yang terbaru seperti PHP 5.3, fitur namespacenya, Unit Test, Test Driven Development, NoSQL database seperti Mongo dan Couch, framework-framework lainnya.

Jadi gwa cukup salut dengan pak frans yang mungkin dapat dikatakan “gila” dengan Open Sourcenya dan berusaha menebarkan kegilaan tersebut melalui komunitas-komunitas yang dia buat. Sementara gwa disini hanya menunggu orang-orang untuk membuat sebuah komunitas dan mempertanyakan kenapa tidak ada komunitas seperti itu, tapi di sisi lain pak Frans malah giat membuat komunitas-komunitas ( bagus pak, tingkatkan terus perjuangan bapak. saya ikutin saja dari belakang :P ). Jadi sekarang saatnya mencari-cari PHP conference di Jakarta :)

Comments